MAKALAH
INTERPERSONAL
SKILL
IS DALAM ORGANISASI DAN
COMPUTER SCIENCE
Disusun untuk memenuhi
Tugas Mata Kuliah
Dosen Pengampu: Florentina
Yuni Arini, S.Kom., M.Cs
Disusun
Oleh:
KOKO
HENDRIAWAN
4611414039
Prodi
Teknik Informatika
JURUSAN
ILMU KOMPUTER
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2015
KATA
PENGANTAR
Di
dorong oleh rasa tanggung jawab yang besar sebagai mahasiswa , saya membuat
makalah ini untuk menyelesaikan tugas membuat makalah tentang
interpersonal skill. Makalah yang saya buat ini di harapkan mampu sedikit
banyak membantu untuk memahami dan mengerti tentang apa itu interpersonal
skill.Materi dalam makalah ini sebagian saya ambil dari materi ajar yang
diberikan oleh dosen pengajar dan beberapa yang saya ambil dari internet.
Sebagai penyusun , saya berharap makalah ini bermanfaat sebagai penambah
pengetahuan tentang apa itu interpesoanl skill. Saya juga sangat mengharapkan
banyak masukan kritik dan saran yang membangun guna untuk menyempurnakan
makalah ini agar menjadi lebih baik.
Semarang
11 maret 2015
Penyusun
Penyusun
PENDAHULUAN
interpersonal
skill adalah kecakapan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam
hubungannya dengan orang lain, kecakapan atau keterampilan untuk berkomunikasi
baik verbal maupun non verbal.
Interpersonal skill
1. Kemampuan, kesanggupan,
kepandaian seseorang dalam mengerjakan sesuatu terutama berkomunikasi.
2. Memiliki konsep diri dan
kepribadian yang kuat
3. Meningkatkan potensi diri di
bidangnya
4. Mengasah diri dan mengubah
kemampuan berkomunikasi
5. Berpenampilan menarik dan
menyenangkan
6. Meningkatkan human relation dalam
kehidupan bermasyarakat dan organisasi
7. Meningkatkan kemampuan menjadi
pemimpin dan dapat bekerjasama dalam team
Interpersonal skill dapat dilihat
dengan cara sebagai berikut :
1. Dalam proses interview pada saat
pertama kali masuk kerja. Karyawan yang pertama kali akan masuk akan di
interview oleh bagian HRD supaya perusaahaan dapat memahami karakter dan
potensi yang ada didalam diri karyawan baru tersebut.
2. Bukan merupakan karakter. Ini
dapat berubah sesuai apa yang ingin kita ubah.
3. Ini bisa dikembangkan. Contonya
kita dapat mengembangkan potensi yang ada didalam diri kita di bidang yang
memang kita inginkan atau kita tonjolkan.
Teori – teori Hubungan manusia
·
Hubungan
biologis : manusia dapat berhubungan dengan manusia lain menggunakan anggota
badan.
Jenis – jenis hubungan biologis
:
1. Kinesic : hubungan non
verbal yang dilakukan dengan anggota badan
2. Occulestic : hubungan non verbal
yang dilakukan dengan mata
3. Prosemic : hubungan non verbal yang
dilakukan dengan megatur jarak tubuh
·
Hubungan
ekonomis : manusia itu akan berhubungan dengan manusia lain. Contohnya pada
zaman dulu ada yang namanya transaksi barter (saling tukar menukar
barang).
·
Hubungan
estetika : estetika yaitu keindahan, manusia akan selalu ingin berhubungan
dengan manusia lain yang dianggap mempunyai keindahan.
·
Hubungan
etis : menurut teori ini hubungan sesama manusia itu bersifat wajib ( emanuel
levines )
Hubungan timbal balik antar manusia
( gilin dan gilin )
1. Interaksi sosial yang bersifat
ASOSIATI :
a. Akomodatif : sikap menampung
pendapat orang lain
b. Asimilasi : sikap suka menekan
hal – hal yang sama dan mengabaikan hal yang tidak sama antara kita dan orang
lain.
c. Akulturasi : sikap yang selalu
mengalah atau tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, atau merubah sikap
buruk menjadi lebih baik.
2. Interaksi sosial yang bersifat
DESOSIATIFadalah sikap interaksi sosial yang dapat menimbulkan renggangnya
hubungan manusia :
a. Kompetisi : sikap yang sering
mengajak bertanding dan bersaing
b. Kontraversi : sikap yang suka
mengambek atau berdiam diri namun hatinya dongkol atau kesal.
c. Konflik :sikap yang suka
menantang atau menentang.
PERSONALITY
Keterampilan seseorang ini
melekat pada setiap
pribadi dalam persentuhannya dengan masyarakat
(baik individu maupun kelompok), yang
dalam perwujudannya akan menampilkan sikap, tingkah laku dan perbuatan yang mencerminkan keakuratan dalam
menunjang pelaksanaan tugas.
Keterampilan dasar perorangan ini,
meliputi :
A.
keterampilan mengamati (observing skill);
B.
keterampilan menggambarkan (describing skill);
C.
keterampilan mendengarkan (listening skill);
D.
keterampilan bertanya (questioning skill);
E.
keterampilan meringkas (summarizing skill);
F.
keterampilan
memberi dan menerima umpan balik (feed back skill).
Yang apabila selalu dilatihkan,
dihayati dan dilaksanakan, serta diupayakan
menginternalisasikannya dalam sikap, tingkah laku dalam perbuatan sehari-hari, akan menjembatani atau menjadi landasan pengembangan
keterampilan selanjunya.
Keterampilan dasar sebagaimana
tersebut di atas, dapat diuraikan sebagai berikut :
A. Keterampilan mengamati (observing skill)
Pengertian mengamati mempunyai arti
"Melihat dan mempehatikan
sesuatu dengan teliti, atau memperhatikan dan mengawasi
sesuatu dengan saksama".
Dengan berpedoman pada pengertian tersebut, maka yang dimaksud dengan keterampilan
mengamati disini, dapat diartikan sebagai : "Suatu keterampilan yang
dimiliki seseorang, untuk
mampu melihat dan mengamati suatu objek tertentu
yang dilakukan secara teliti dan saksama, dengan tidak menganalisis.
Keterampilan mengamati,
merupakan salah satu
bentuk keterampilan yang mutlak harus dimiliki anggota sekuriti, terutama hal ini dikaitkan dengan
tugasnya. Istilah pengamatan banyak dikenal sebagai salah satu metode yang sering digunakan
dalam rangka penelitian.
1.
Bentuk pengamatan
a.
pengamatan dengan jalan tidak turut serta
Dalam hal ini pengamat mengambil
sikap/posisi sebagai orang luar, dimana kehadirannya tidak menggangu kelompok yang sedang diamati.
Umpamanya dalam pengamatan suatu kelas yang sedang belajar, guru yang
sedang belajar, menghadiri
suatu sidang penggadilan, dll.
b.
pengamatan dengan jalan turut serta.
Dalam hal ini berbagai macam peranan yang dapat dimainkan oleh penyelidik dalam mengamati situasi-situasi sosial tertentu, dengan berbagai
macam perbedaan derajat
partisipasi/turut serta. Banyaknya macam kegiatan
yang dapat dilakukan
dalam suatu kelompok tertentu saja. Dengan jalan
turut serta dalam
kegiatan-kegiatan kelompok, ia dapat turut merasakan apa yang dirasakan oleh
anggota inti dari kelompok tersebut. Salah satu kesukaran bagi pengamat peserta, ialah bahwa setelah
melakukan kegiatan tertentu, ia harus mengambil sikap / posisi yang objektif, jika tidak demikian
maka catatan-catatannya akan terpengaruh unsur-unsur subjektif.
3. Beberapa keuntungan / keunggulan
pengamatan :
a.
pengamatan dapat
memuaskan kembali masalahnya selama pengamatan
berlang-sung terus;
b.
hubungannya erat
dengan situasi yang sebenarnya, memberikan kemungkinan baginya untuk menghindari pertanyaan-pertanyaan
yang tidak berguna;
c.
secara teratur dia dapat mengubah kategori-kategori yang diperlukan bagi pengamatannya;
d.
memberikan kemungkinan baginya untuk memperoleh bahan -
bahan yang lebih mendalam;
e.
dapat mengumpulkan bahan bahan yang pada saat itu kelihatannya tidak berhubungan
dengan masalah pengamatannya, akan tetapi mungkin akan berguna di kemudian hari.
4. Beberapa faktor yang mempenggaruhi
hasil suatu pengamatan :
a.
lama / panjangnya waktu dari setiap pengamatan;
b.
keadaan tentang
sipengamat sendiri;
c.
perumusan tentang kegiatan-kegiatan atau
unit-unit tingkah laku yang spesifik (khas)
yang diamati;
d.
ruang lingkup
pengamatan, apakah untuk satu orang atau satu
keiompok;
e.
bantu pencatatan,
termasuk didalamnya penggunaan alat-alat
yang sesuai;
f.
apakah pengamatan sudah cukup terlatih;
g.
interpretasi
hasil-hasil pengamatan.
5. Beberapa ciri khas
dari pengamatan yang baik.
a.
suatu pengamatan direncanakan dengan teliti dan sistimatis. pengamat mengetahui
benar-benar tentang apa yang dicarinya;
b.
pengamat menyadari keselurahan dari apa yang diamatinya. walaupun ia waspadai
terhadap detail-detailnya
yang berarti, tetapi ia tetap menyadari bahwa keseluruhan adalah lebih penting dari pada jumlah dari bagian-bagiannya;
c.
pengamat memisahkan tentang faktor-faktor dari interpretasi, dan membuat tafsirannya
/ interpretasinya
pada sesuatu yang lain;
d.
pengamat bersikap obyektif. la akan mengakui akan kemungkinan kecenderungan-kecenderungannya, dan ia berusaha
untuk menghilangkan
pengaruh-pengaruh ini terhadap apa yang dilihat dan dilaporkannya;
e.
pengamatan dicek dan
diperkuat, dimana mungkin, dengan mengulanginya, atau dengan membandingkan
dengan catatan-catatan pengamat lain
yang berwenang;
f.
pencatatan pengamatan dilakukan dengan teliti dan saksama.
6. Latihan-latihan
untuk mengamati suatu objek ini,
diharapkan seseorang mampu untuk :
a.
melihat
dari hal-hal umum kepada hal-hal yang khusus; menyimpan fakta fakta yang
dilihat ke dalam dan di dalam ingatannya dan
menyebutkan kembali secara benar apa yang telah diamatinya;
b.
mengambil
posisi yang tepat dikaitkan dengan jarak dan sudut pandang, sehingga akan memudahkan kegiatan pengamatan dimaksud;
c.
membiasakan diri untuk selalu mencatat, dengan mengingat adanya keterbatasan dalam daya ingat
kita.
d.
berkonsentrasi selama pengamatan itu dilaksanakan.
7. Kita menyadari, bahwa melakukan
pengamatan bukanlah merupakan hal yang mudah, sehingga apabila hal ini tidak
dilakukan melalui latihan-latihan yang baik, sangat sulit bagi seseorang untuk
memiliki keterampilan tersebut. Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam melaksanakan pengamatan ini, antara Lain :
a.
untuk dapat melakukan pengamatan yang baik, harus betul-betul dilakukan secara sistimatis,
dalam arti dilakukan mulai melihat dari hal-hal yang bersifat khusus;
b.
dalam melihat ataupun memperhatikan suatu objek , tidak mungkin dilakukan tanpa adanya
konsentrasi yang penuh terhadap objek tersebut;
c.
harus disadari, pada saat seseorang melakukan pengamatan konsentrasi akan senantiasa adanya
pengaruh yang dapat mengganggu tersebut.
d.
dalam
rangka pengamatan, kita
menyadari bahwa keterbatasan,
pada posisi sehingga dalam pelaksanaannya, harus dapat menempatkan diri pada
posisi yang tepat;
e.
selain keterbatasan tersebut di atas, karena daya ingat seseorang kemampuan
seseorang untuk melihat atau memperhatikan suatu objek juga tidak sama, untuk itu
perlu membiasakan diri dengan menggunakan
alat bantu, berupa catatan ataupun
alat-alat lainnya, pada waktu seseorang melakukan pengamatan.
B. Keterampilan menggambarkan / menjelaskan (Describing Skill)
"Suatu
keterampilan dari seseorang, untuk membayangkan,
melukiskan, atau menceritakan tentang sesuatu baik
objek, maupun peristiwa (kejadian), yang merupakan hasil dari pengamatannya,
yang disampaikan
dalam bahasa lisan, tulisan ataupun simbol-simbol. Sehingga orang lain jelas/mengerti tentang apa yang disampaikannya.
C. Keterampilan mendengarkan (Listening skill)
secara harfiah, pengertian mendengarkan
mengandung makna :
"Menangkap suara (bunyi) dengan telinga".
dengan berpedoman kepada pengertian tersebut di atas, maka yang dimaksud dengan keterampilan
mendengarkan disini, dapat diuraikan sebagai berikut : "Suatu keterampilan yang dimiliki oleh seseorang, untuk menangkap atau menyerap suara (bunyi) dengan menggunakan
indera telinga secara teliti dan cermat, sehingga mampu menyampaikannya secara benar".
D. Keterampilan Bertanya (Questioning skill)
pengertian bertanya secara harfiah, dapat diartikan
sebagai "Meminta keterangan (penjelasan
dan sebagainya), atau meminta
supaya diberitahu"
dengan mengambil pengertian
tersebut di atas, maka yang dimaksud dengan
keterampilan bertanya disini, dapat diartikan sebagai "Suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang, untuk meminta
keterangan atau penjelasan kepada seseorang,
untuk mendapatkan informasi tentang apa yang belum diketahui
ataupun belum dimengertinya".
E. Keterampilan Meringkas (Summarizing skill)
secara harfiah pengertian meringkas,
dapat diartikan : "Memendekan (cerita atau pembicaraan,
mengikuti seakan, mengambii intisari saja)".
dengan mengambii pengertian tersebut di atas, maka yang dimaksud dengan keterampilan meringkas
disini, dapat diartikan sebagai berikut :
"Suatu keterampilan yang dimiliki oleh seseorang, untuk memendekkan cerita,
pembicaraan, berita / informasi, laporan dan sebagainya, dengan cara mengambil intisarinya
saja, tanpa mengurangi arti dan maksud dari pada cerita, pembicaraan, berita /
informasi ataupun lampiran tersebut".
F. Keterampilan
memberikan dan menerima umpan balik (Feed back skill)
apabila kita mengambil pengertian umpan balik ini secara harfiah, sesuai dengan yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka dapat diartikan sebagai:
"Suatu hasil atau akibat yang
berbalik, dan berguna bagi kita sebagai rangsangan
atau dorongan dalam pelaksanakan tindakan lebih
lanjut;
dengan titik tolak pengertian tersebut di atas, maka yang dimaksud
dengan keterampilan memberikan umpan balik disini, yaitu : suatu kemampuan/keterampilan yang dimiliki oleh seseorang untuk menyampaikan sesuatu hal kepada orang lain, tentang apa yang diihat, atau didengar dari
tindakan orang tersebut, sehingga apa yang disampaikan itu dapat dijadikan perangsang atau pendorong bagi orang tersebut, untuk
dapat melakukan tindakan yang lebih baik diwaktu yang akan datang.
Interpersonal Skill (keterampilan
interpersonal)
Interpersonal
Skill (keterampilan interpersonal) sebagai kemampuan seseorang secara efektif untuk
berinteraksi dengan orang lain maupun dengan rekan kerja, seperti pendengar
yang baik, menyampaikan pendapat secara jelas dan bekerja dalam satu tim. Pakar
lain mengatakan bahwa interpersonal skill adalah kecakapan atau keterampilan
yang dimiliki oleh seseorang dalam hubungannya dengan orang lain, kecakapan
atau keterampilan untuk berkomunikasi baik verbal maupun non verbal.
Ahli lainnya mengatakan bahwa interpersonal skill (keterampilan interpersonal)
adalah suatu keterampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan,
sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Bagimana seseorang
mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon manusia
atau orang lain. Adapun beberapa interpersonal skill (keterampilan
interpersonal), antara lain :
- Keterampilan listening (mendengarkan) : Salah satu komponen dari proses komunikasi adalah bagian menerima pesan, salah satunya ialah mendengarkan. Mendengarkan bukan secara harfiah menggunakan alat pendengaran (telinga) , tetapi memiliki arti yang lebih luas dengan penggunaan alat penerimaan pesan lainnya. Berikut ini ada empat alasan utama mengapa orang perlu mendengarkan :
- Untuk memahami dan memperoleh informasi : Orang yang menguasai informasi memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukses, baik secara pribadi maupun konteks professional, sebab, di era sekarang, menguasai informasi berarti menguasai sumber daya. Memahami perintah, memahami pesan, memahami kebutuhan orang lain, menggali lebih banyak informasi dibutuhkan sebagai modal agar dapat berkomunikasi serta menjadi kemampuan utama untuk dapat berhasil dalam setiap pekerjaan.
- Analisis terhadap kualitas Informasi : Kemampuan seseorang untuk dapat menganalisis informasi dibutuhkan agar dapat bertindak tepat. Mendengarkan dan mendapatkan informasi lebih banyak akan meningkatkan kualitas pesan yang diterima, kelengkapan data, dan kemampuan mengolah informasi, sehingga simpulan atau analisis terhadap suatu kondisi atau keadaan dapat diambil.
- Membangun dan memelihara hubungan : Alasan untuk mendengarkan adalah untuk melakukan komunikasi interpersonal. Banyak survey telah membuktikan bahwa orang yang memiliki kemampuan untuk mendengar dengan efektif memiliki hubungan yang lebih baik dengan sesamanya, sebaliknya mereka yang kurang mampu untuk mendengarkan akan memperburuk hubungan atau setidaknya tidak dapat membangun hubungan yang lebih baik
- Menolong orang lain : Kemampuan mendengarkan wajib dimiliki agar dapat memahami orang lain dan pada akhinya, dapat menolong orang lain. Pada saat seseoramg mau mendengarkan dan memberikan perjhatian yang tulus serta serius kepada permasalahan yang kita sampaikan, hamper sebagian besar masalah kita telah dapat ditolong, atau minimal dapat memberikan pola atau prespektif yang baru tentang kita dapat menghadapi masalah yang kita hadapi.
2. Keterampilan
providing feedback (memberikan umpan balik) : Umpan Balik adalah setiap bentuk
komunikasi yang disampaikan kepada seseorang dengan tujuan agar orang tersebut
mengetahui dampak perilakunya terhadap anda atau orang lain.
3. Keterampilan
persuading (membujuk) : Persuading (membujuk) adalah komunikasi tatap muka yang
dilakukan dengan sengaja oleh seseorang dengan tujuan agar pihak lain mau
mengikuti dengan sukarela kehendak seseorang.
4.
Keterampilan resolving conflicts adalah kemampuan untuk mengatasi konflik
dengan orang lain.
- Smile. Sedikit orang yang ingin berada di sekitar seseorang yang selalu terlihat tak bahagia. Lakukan yang terbaik untuk menjadi seseorang yang friendly dan antusias dengan rekan-rekan kerja anda. Bangun sikap positif dan ceria mengenai pekerjaan dan mengenai kehidupan. Seringlah tersenyum. Energi positif yang anda pancarkan akan menarik yang lain kepada anda
- Jadilah apresiatif. Carilah satu hal positif tentang setiap orang yang anda bekerja sama dan biarlah mereka mendengarnya. Jadilah murah hati dengan pujian dan kata-kata yang mengobarkan semangat. Ucapkan terima kasih ketika seseorang menolong anda. Buatlah kolega anda merasa diterima ketika mereka menelepon atau datang ke kantor anda. Jika anda membiarkan orang lain mengetahui bahwa mereka dihargai, mereka akan mau memberikan yang terbaik untuk anda.
- Perhatikanlah orang lain. Cermatilah apa yang sedang terjadi dalam kehidupan orang lain. Ketahuilah momen-momen bahagia mereka, dan tunjukkanlah perhatian dan simpati pada situasi-situasi sulit seperti waktu sakit atau kematian. Buatlah eye contact dan ingatlah orang dari nama pertama mereka. Tanyakan yang lain akan opini-opini mereka.
- Latihlah mendengarkan dengan aktif. Untuk mendengarkan dengan aktif adalah dengan mendemonstrasikan bahwa anda memang mau untuk mendengar dan mengerti akan pandangan orang lain. Itu berarti menegaskan kembali, dengan bahasa anda sendiri, apa yang orang lain telah katakan. Dengan cara ini, anda mengetahui bahwa anda mengerti apa yang mereka maksudkan dan mereka mengetahui bahwa respon anda melebihi lip service. Rekan-rekan kerja anda akan menghargai mengetahui bahwa anda benar-benar mendengarkan dengan apa yang telah mereka katakan.
- Bawalah kebersamaan. Ciptakanlah lingkungan yang mengajak orang lain untuk bekerja sama. Perlakukanlah setiap orang dengan sama, dan jangan bermain `siapa yang favorit.` Hindari berbicara tentang orang lain di belakang mereka. Tindak lanjutkan apa yang orang lain sarankan atau minta. Ketika anda membuat pernyataan atau pengumuman, pastikan bahwa anda telah dimengerti. Jika rekan-rekan anda melihat anda sebagai seseorang yang solid dan fair, mereka akan mempercayai anda.
- Tangani konflik-konflik. Ambillah sebuah langkah mudah untuk membawa kebersamaan, dan menjadi seseorang yang menangani konflik-konflik ketika akan terjadi. Pelajari bagaimana menjadi mediator yang efektif. Jika ada rekan-rekan kerja yang ber-cekcok mengenai permasalahan personal atau professional, aturlah agar kedua pihak duduk bersama dan bantu mengatasi perbedaan mereka. Dengan mengambil peranan memimpin, anda akan mendapatkan respek dan kekaguman dari orang sekitar anda.
- Berkomunikasi dengan jelas. Perhatikanlah apa yang anda katakan dan bagaimana anda mengatakannya. Seorang komunikator yang jelas dan efektif menghindari salah pengertian dengan rekan-rekan kerja, kolega-kolega, dan rekan sejawat anda. Kelancaran verbal anda memproyeksikan gambaran akan intelijensi dan kedewasaan, tidak peduli berapa pun usia anda. Jika anda tetap mengeluarkan semua apa yang ada di pikiran anda, orang tidak akan terlalu menaruh perhatian dengan kata-kata ataupun opini anda.
- Hiburlah mereka. Janganlah takut untuk menjadi lucu ataupun pandai. Banyak orang yang mau berada di dekat orang-orang yang bisa membuat mereka tertawa. Gunakanlah rasa humor anda sebagai alat efektif untuk menurunkan batas dan menghimpun perhatian orang.
- Lihatlah dari sisi mereka. Empati berarti menjadi mampu untuk menaruh diri anda dalam sepatu orang lain dan mengerti apa yang mereka rasakan. Cobalah untuk melihat situasi dan respon-respon dari perspektif orang lain. Ini bisa terjadi dengan tetap berhubungan dengan emosi-emosi anda sendiri; orang-orang yang menghindari perasaan mereka sendiri terkadang menjadi sulit untuk ber-empati dengan orang lain.
- Janganlah mengeluh. Tidak ada yang lebih buruk dibandingkan seorang pengeluh yang kronis ataupun perengek. Jika anda harus mengemukakan tentang sesuatu, simpanlah itu dalam buku harian anda. Jika anda harus mengungkapkan dengan kata-kata keluhan-keluhan anda, ungkapkan kepada teman terdekat anda dan keluarga saja, dan jadikanlah singkat. Bagikan itu kepada semua orang sekitar anda atau yang lainnya dan anda akan mendapatkan reputasi buruk.
Komunikasi Efektif dalam IS
A.
Pengertian Komunikasi
Komunikasi
dapat didefinisikan sebagai penyampaian informasi antara dua orang atau lebih.
Komunikasi dapat juga meliputi pertukaran informasi antara manusia dan mesin.
Komunikasi merupakan suatu proses yang vital dalam organisasi karena komunikasi
diperlukan bagi efektivitas kepemimpinan, perencanaan, pengendalian,
koordinasi, latihan, manajemen konflik, serta proses-proses organisasi lainnya.
Studi-studi tentang perilaku manajerial menunjukkan bahwa bagian terbesar waktu
manajer dalam kerja digunakan untuk komunikasi dengan orang lain (Burns, 1954;
Kelly, 1964).
B.
Komunikasi Interpersonal
1.
Pengertian Komunikasi Interpersonal
Komunikasi antarpribadi (interpersonal
communication) didefinisikan oleh Joseph A. Devito dalam bukunya “The
Interpersonal Communication Book”. (Devito, 1989 : 4) sebagai:
“Proses
pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang, atau di antara
sekelompok kecil orang-orang, dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik
seketika”.
(the process of
sending and receiving messages between two persons, or among a small group of
persons, with some effect and some immediate feedback).
2.
Komponen Komunikasi Interpersonal
Setiap kali
episode komunikasi terjadi, terdapat beberapa komponen, yaitu:
1.
Komunikator
2.
Pesan (message)
3.
Encode
4.
Bahasa
5.
Penerima pesan
(recipients)
6.
Decode
Prosesnya
adalah sebagai berikut:
Terdapat seorang komunikator yang ingin menyampaikan
pesannya (message). Pesan tersebut diekspresikan (encoded) melalui berbagai
lambang dalam bahasa. Bahasa tersebut mungkin berupa simbol kata-kata,
simbol-simbol matematik, diagram, sentuhan dan seterusnya. Pesan disampaikan
melalui perantaraan. Berbagai media komunikasi digunakan dalam organisasi
meliputi: percakapan tatap muka, percakapan telepon, memo-memo tertulis, sistem
alamat umum, dewan bulletin serta banyak media lainnya. Terdapat satu atau
lebih penerima pesan (recipients). Bilamana seorang penerima menerima pesan,
maka pesannya ditafsirkan (decoded).
3.
Klasifikasi Komunikasi Interpersonal
Redding
mengembangkan klasifikasi komunikasi interpersonal menjadi interaksi intim,
percakapan sosial, interogasi atau pemeriksaan dan wawancara.
a.
Interaksi intim
Interaksi intim termasuk komunikasi di
antara teman baik, pasangan yang sudah menikah, anggota famili, dan orang-orang
yang mempunyai ikatan emosional yang kuat. Kekuatan dari hubungan menentukan
iklim interaksi yang terjadi. Di dalam organisasi, hubungan ini dikembangkan
dalam sistem komunikasi informal. Misalnya, hubungan yang terlibat di antara
kedua orang teman baik dalam organisasi, yang mempunyai interaksi interpersonal
mungkin di luar peranan dan fungsinya dalam organisasi.
b.
Percakapan sosial
Percakapan sosial adalah interaksi
untuk menyenangkan seseorang secara sederhana dengan sedikit berbicara.
Percakapan biasanya tidak begitu terlibat secara mendalam. Tipe komunikasi
tatap muka penting bagi pengembangan hubungan informal dalam organisasi. Jika
dua orang atau lebih bersama-sama dan berbicara tentang perhatian, minat di
luar organisasi seperti famili, sport, isu politik, ini adalah merupakan contoh
percakapan sosial.
c.
Interogasi atau pemeriksaan
Interogasi atau pemeriksaan adalah
interaksi antara seseorang yang ada dalam kontrol, yang meminta atau bahkan
menuntut informasi daripada yang lain. Misalnya seorang pengacara memeriksa
seorang saksi atau seorang pelaksana hukum menanyai seorang tersangka.
Perdebatan dan pertengkaran secara verbal adalah bentuk interogasi di mana
kedua pihak menuntut satu sama lain dan kontrol sebentar-bentar bertukar.
Pertengkaran verbal sering ditandai dengan isu benar atau salah. Debat diatur
oleh sejumlah aturan dan umumnya lebih formal daripada perkelahian. Meskipun
bentuk komunikasi ini tidaklah selalu diingini tetapi ada dalam organisasi.
Misalnya bila seseorang karyawan dituduh mengambil barang-barang organisasi
untuk kepentingan pribadinya biasanya karyawan tersebut diinterogasi oleh
atasannya untuk mengetahui benar atau tidaknya tuduhan itu.
d.
Wawancara
Wawancara adalah satu bentuk komunikasi
interpersonal di mana dua orang terlibat dalam percakapan yang berupa tanya
jawab. Salah seorang mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan informasi dan yang
lainnya mendengarkan dengan baik kemudian memberikan jawaban yang dikehendaki
sampai tujuan wawancara tercapai. Misalnya, seorang dosen penasehat akademis
mewawancarai mahasiswa yang dibimbingnya untuk mendapatkan informasi yang lebih
jauh mengenai mahasiswa tersebut.
C.
Hubungan Interpersonal yang Efektif
Mc.Crosky,
Larson dan Knapp dalam bukunya “An Introduction to Interpersonal Communication”
mengatakan bahwa komunikasi yang efektif dapat dicapai dengan mengusahakan
ketepatan (accuracy) yang paling tinggi derajatnya antara komunikator dan
komunikan dalam setiap situasi. Ketiga pengarang tersebut memilih istilah
“ketepatan yang lebih besar” (greater accuracy) daripada “ketepatan yang
menyeluruh” (total accuracy), karena memperoleh ketepatan 100% antara
komunikator dan komunikan tidaklah mungkin, dan tidak akan pernah terjadi.
Total accuracy dalam komunikasi menghendaki komunikator dan komunikan mempunyai
pengalaman yang benar-benar sama dalam semua hal yang dibicarakan. Hanya kalau
demikianlah, mereka akan mempunyai pengertian yang benar-benar sama mengenai
suatu pesan; dan hanya jika demikianlah mereka akan mempunyai ketepatan yang
menyeluruh, pengertian yang menyeluruh atau komunikasi yang sempurna. Selama
orang-orang berbeda tidak akan pernah bisa membangkitkan idea yang benar-benar
sama dalam benak komunikan sebagai yang dikontribusikan dalam benak
komunikator.
Komunikasi yang
lebih efektif terjadi apabila komunikator dan komunikan berada dalam keadaan
homophily. Homophily adalah sebuah istilah yang menggambarkan derajat pasangan
perorangan yang berinteraksi yang memiliki kesamaan dalam sifatnya (attribute),
seperti kepercayaan, nilai, pendidikan, status sosial, dan sebagainya.
Homophily terjadi karena orang-orang yang sama lebih mungkin termasuk kelompok
yang sama, berdiam lebih berdekatan satu sama lain, dan tertarik oleh
kepentingan yang sama. Hal ini berdasarkan penelitian Homans. Dia berpendapat
bahwa lebih dekat kesamaannya sejumlah orang dalam tingkatan sosial, lebih
sering mereka berinteraksi satu sama lain.
Menurut Roger,
hubungan interpersonal akan terjadi secara efektif apabila kedua belah pihak
memenuhi kondisi berikut:
a.
Bertemu satu
sama lain secara personal.
b.
Empati secara
tepat terhadap pribadi yang lain dan berkomunikasi yang dapat dipahami satu
sama lain secara berarti.
c.
Menghargai satu
sama lain, bersifat positif dan wajar tanpa menilai atau keberatan.
d.
Menghayati
pengalaman satu sama lain dengan sungguh-sungguh, bersikap menerima dan empati
satu sama lain.
e.
Merasa bahwa
saling menjaga keterbukaan dan iklim yang mendukung dan mengurangi
kecenderungan gangguan arti.
f.
Memperlihatkan
tingkah laku yang percaya penuh dan memperkuat perasaan aman terhadap yang
lain.
Pace dan Boren (1973) mengusulkan cara-cara untuk
menyempurnakan hubungan interpersonal. Hubungan interpersonal cenderung menjadi
sempurna bila kedua belah pihak mengenal standar berikut.
a.
Mengembangkan
suatu pertemuan personal yang langsung satu sama lain mengkomunikasikan
perasaan secara langsung.
b.
Mengkomunikasikan
suatu pemahaman empati secara tepat dengan pribadi orang lain melalui
keterbukaan diri.
c.
Mengkomunikasikan
suatu kehangatan, pemahaman yang positif mengenai orang lain dengan gaya
mendengarkan dan berespons.
d.
Mengkomunikasikan
keaslian dan penerimaan satu sama lain dengan ekspresi penerimaan secara verbal
dan nonverbal.
e.
Berkomunikasi
dengan ramah tamah, wajar, menghargai secara positif satu sama lain melalui
respons yang tidak bersifat menilai.
f.
Mengkomunikasikan
satu keterbukaan dan iklim yang mendukung melalui konfrontasi yang bersifat
membangun.
g.
Berkomunikasi
untuk menciptakan kesamaan arti dengan negosiasi arti dan memberikan respons
yang relevan.
Dari pernyataan yang dikemukakan oleh ketiga ahli di atas
terdapat satu kesamaan yaitu iklim yang mendukung harus ada agar hubungan
interpersonal dapat dijaga dan disempurnakan. Yang dimaksud lingkungan yang
mendukung menurut Liker adalah apabila atasan mereka menurut persepsi
bawahannya sebagai berikut; Mendukung, ramah tamah, bersifat membantu, baik dan
tegas, tidak pernah mengancam, memperhatikan sungguh-sungguh keadaan bawahannya
dan berusaha keras memperlakukan orang secara sensitif dan penuh pertimbangan,
berusaha keras melayani perhatian yang baik dari karyawannya, menunjukkan
kepercayaan dan memotivasi bawahannya. Sedangkan menurut Jack Gibb iklim yang
mendukung bila mempunyai karakteristik sebagai berikut:
a.
Menguraikan
sesuatu apa adanya.
Tidak ada berpraduga, menanyakan
pertanyaan untuk informasi, mengemukakan perasaan, kejadian, persepsi atau
proses tanpa menyatakan secara tidak langsung perubahan kepada penerima.
b.
Berorientasi
kepada masalah.
Menentukan masalah bersama dan mencari
penyelesaiannya tanpa menghambat tujuan penerima, keputusan dan kemajuan.
c.
Spontan.
Bebas dari tipuan, tidak mempunyai
motif yang tersembunyi, jujur dan lurus.
d.
Kesamaan.
Saling percaya dan menghargai, terlibat
dalam pembuatan perencanaan tanpa mempengaruhi kekuasaan, status atau
penampilan.
e.
Empati.
Menghargai pendengar, mengidentifikasi
saling berbagi dan menerima masalahnya, perasaan dan nilai-nilai.
f.
Bersifat
sementara.
Ingin melakukan percobaan dengan
tingkah laku sendiri, sikap dan ide-ide.
D.
Kekuatan Pengaruh Komunikasi Interpersonal
Dibandingkan dengan bentuk-bentuk
komunikasi lainnya, komunikasi antarpribadi paling ampuh dalam kegiatan mengubah
sikap, kepercayaan, opini, dan perilaku komunikan. Alasannya adalah sebagai
berikut:
Komunikasi
antarpribadi umumnya berlangsung secara tatap muka (face-to-face) sehingga
terjadilah kontak pribadi (personal contact): pribadi komunikator menyentuh
pribadi komunikan. Ketika komunikator menyampaikan pesan, umpan balik
berlangsung seketika (immediate feedback); komunikator mengetahui pada saat itu
tanggapan komunikan terhadap pesan yang komunikator lontarkan, ekspresi wajah
komunikator dan gaya bicara komunikator. Apabila umpan baliknya positif,
artinya tanggapan komunikan itu menyenangkan komunikator, komunikator sudah
tentu akan mempertahankan gaya komunikasinya; sebaliknya jika tanggapan
komunikan negatif, komunikator harus mengubah gaya komunikasi sampai komunikasi
berhasil.
Oleh karena keampuhan dalam mengubah sikap, kepercayaan, opini, dan perilaku
komunikan maka bentuk komunikasi antarpribadi acapkali dipergunakan untuk
melancarkan komunikasi persuasif (persuasive communication) yakni suatu teknik
komunikasi secara psikologis manusiawi yang sifatnya halus, luwes berupa
ajakan, bujukan atau rayuan. Tetapi komunikasi persuasif antarpribadi seperti
itu hanya digunakan kepada komunikan yang potensial saja, artinya tokoh yang
mempunyai jajaran dengan pengikutnya atau anak buahnya dalam jumlah yang sangat
banyak, sehingga apabila ia berhasil diubah sikapnya atau ideloginya, maka
seluruh jajaran mengikutinya.
E.
Keterampilan Interpersonal (Interpersonal Skill) dan Komunikasi
Keterampilan
interpersonal mengacu pada mental dan komunikatif yang diterapkan selama
komunikasi sosial dan interaksi untuk mencapai efek-efek tertentu atau hasil.
Istilah "interpersonal skill" yang sering digunakan dalam konteks
bisnis adalah untuk merujuk pada mengukur kemampuan seseorang untuk beroperasi
dalam bisnis organisasi melalui komunikasi dan interaksi sosial. Keterampilan
interpersonal adalah bagaimana orang berhubungan satu sama lain.
Mereka
yang piawai dalam keterampilan interpersonal biasanya
dicirikan oleh kemampuannya dalam mengarahkan, memotivasi, dan bekerjasama
secara efektif dengan orang lain. Selain itu mampu memahami pemikiran
orang lain dengan jelas. Semuanya berbasis pada kesadaran diri. Jadi orang
seperti itu, sebelum mampu memahami orang lain, seharusnya mampu memahami
dirinya, perasaannya, keyakinannya, nilai pribadinya, sikap, persepsi tentang
lingkungan, dan motivasi untuk memperoleh sesuatu yang patut dikerjakannya. Hal
demikian membantunya untuk menerima kenyataan bahwa tiap orang adalah berbeda
dalam hal ketrampilan dan kemampuan, keyakinan, nilai, dan keinginannya.
Keterampilan
interpersonal dan komunikasi berhubungan erat satu sama lain. Keduanya saling
mendorong dalam peningkatan kinerja seorang profesional, di bagian apapun
tempatnya atau posisi apapun yang dipegangnya. Keterampilan interpersonal
sangat dibutuhkan dalam komunikasi untuk membina hubungan interpersonal.
Hubungan interpersonal yang baik akan memudahkan penyelesaian tugas sehari-hari
terlebih tugas dalam teamwork. Akan sulit membangun teamwork yang tangguh bila
keterampilan interpersonal dan komunikasi ini tidak dimiliki oleh salah seorang
anggotanya, karena dalam teamwork dibutuhkan kerjasama dan kekompakan antar
anggota. Dengan kata lain seseorang yang tidak memiliki keterampilan
interpersonal dalam komunikasi akan sulit bekerja dalam satu kelompok kerja
secara baik. Akibatnya tugas tidak akan terselesaikan tepat waktu dan hasilnya
kurang optimal.
Di sisi lain kemampuan interpersonal dan komunikasi akan
tercermin dari penampilan sehari-hari seseorang dan perkembangan karirnya.
Hardjana (2003) mengatakan dari kepribadian seseorang, ada dua hal utama yang
mempengaruhi mutu komunikasi interpersonal yaitu:
a.
Sikap terhadap
orang yang berkomunikasi
1.
Menerima mereka
apa adanya
2.
Menghargai
keunikan mereka, peran hidup yang mereka pegang dan
laksanakan.
3.
Menghormati
mereka sebagai pribadi dan bukan menghina atas dasar ideologi,
keyakinan, kepercayaan, dan agama.
4.
Memperlakukan
mereka sebagai pribadi yang mempunyai tujuan sendiri dan tidak memperlakukan
mereka sebagai alat untuk mencapai apapun, atau objek untuk
dipermainkan sesuka hati.
b. Sikap
terhadap diri sendiri
1) Gambaran diri (self-image) kita
2) Penilaian diri (self-evaluation)
3) Setiap orang mempunyai cita-cita diri
(self-ideal).
Sebagai ilustrasi, umumnya dipahami bahwa berkomunikasi
adalah menghormati orang lain atau jika telah profesional dalam berkomunikasi
akan memungkinkan untuk mengurangi konflik dan meningkatkan partisipasi atau
bantuan dalam memperoleh informasi atau menyelesaikan tugas. Misalnya, untuk
mengganggu seseorang yang sedang sibuk dengan tugas untuk memperoleh informasi
yang dibutuhkan segera, disarankan menggunakan pendekatan hormat dengan bahasa
seperti, "Maaf, apakah Anda sibuk? Aku punya masalah mendesak untuk
mendiskusikan dengan Anda jika Anda memiliki waktu saat ini. " Hal ini
memungkinkan penerima profesional untuk membuat penilaian sendiri tentang
pentingnya tugas mereka saat ini versus memasuki diskusi dengan rekan mereka.
Meskipun umumnya dipahami bahwa menyela seseorang dengan permintaan
"mendesak" akan sering mengambil prioritas, yang memungkinkan
penerima mengutamakan permintaan tersebut dan setuju untuk mendiskusikan masalah
tersebut sehingga kemungkinan akan menghasilkan interaksi kualitas yang lebih
tinggi.
Memiliki kemampuan interpersonal yang positif akan
meningkatkan produktivitas dalam organisasi karena jumlah konflik berkurang.
Dalam situasi informal, memungkinkan komunikasi menjadi mudah dan nyaman. Orang
dengan kemampuan interpersonal yang baik umumnya dapat mengendalikan perasaan
yang muncul dalam situasi sulit dan dapat menentukan jawaban yang benar,
bukannya kewalahan oleh emosi.
Interpersonal skill dalam organisasi
Inter Personal Skill adalah
kecakapan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam hubungannya
dengan orang lain, baik dalam berkomunikasi verbal maupun non verbal dengan
tujuan untuk pengembangan kerja secara optimal.
Organisasi merupakan suatu kerangka sosial, yaitu kerangka yang menunjukkan hubungan antara individu dalam organisasi
Dalam organisasi terdapat koordinasi yang dirancang untuk mengatur kegiatan kegiatan orang
Dalam organisasi terdapat pembagian kerja yang diatur dengan tingkatan otoritas
Seluruh kegiatan ditujukan untuk kegiatan pencapaian tujuan bersama
Interpersonal Skills
Pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005).
Komunikasi formal : komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi.
Komunikasi informal : komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.
Komunikasi Organisasi
Hakekat Organisasi
Dinamika Interpersonal
merupakan bagian vital dari kehidupan organisasi, anggota organisasi yang melibatkan interkasi dengan orang lain kadang – kadang dengan cara positif, kadang – kadang negative.
Dampak Dari Perilaku Interpersonal
interpersonal berkualitas tinggi bisa menjadi element positif yang penting dalam lingkungan kerja dan jika interpersonal berkualitas buruk bisa berdampak sebaliknya.
ESENSI INTERPERSONAL DARI ORGANISASI
Komunikasi (communication) adalah proses penyampaian informasi dari satu orang ke orang lain.
Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi.
Tujuan pengiriman informasi dan umpan balik atau feed back dapat seinbang sehingga tidak terjadi monoton. Selain itu komunikasi efektif dapat melatih penggunaan bahasa nonverbal secara baik.
Proses komunikasi dimulai saat seorang (pengirim) mengirimkan fakta, ide, pendapat, atau informasi lainya kepada orang lain(penerima). Fakta, idea tau pendapat ini memiliki makna bagi si pengirim, apakah itu sederhana atau konkret, atau kompleks dan abstrak.
Komunikasi
Bentuk – Bentuk Komunikasi Dalam Organisasi
Komunikasi Lisan (Oral Communication)
Terjadi dalam percakapan tatap muka, diskusi kelompok ketika ucapan di gunakan untuk mengekspresikan makna.
Komunikasi Tulisan (Written Communication)
Menulis dalam surat, laporan, memo, catatan, tulisan tangan, atau e-mail bisa memecahkan masalah yang melekata pada komunikasi lisan.
Komunikasi verbal (verbal communication).
merupakan salah satu bentuk komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui tulisan (written) dan lisan (oral).
Komunikasi nonverbal .
merupakan bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis.
Bentuk – Bentuk Komunikasi Dalam Organisasi
Komunikasi Vertical (Vertical Communication)
komunikasi yang mengalir ke atas dan ke bawah dalam heirarki organisasi, biasanya melalui saluranpelaporan formal yaitu, komunikasi yang terjadi antara manajer dengan atasan dan bawahan mereka.
Komunikasi Horizontal (Horizontal Communication)
Komunikasi horizontal melibatkan kolega dan rekan kerja dari level organisasi yang sama.
Pentingnya komunikasi dalam organisasi
Sebabnya komunikasi itu penting dalam suatu organisasi :
Menghasilkan pemahaman yang sama antara pengirim informasi dengan penerima informasi pada semua tingkatan dalam organisasi.
Membangun iklim organisasi yang pada akhirnya dapat mempengaruhi efisiensi dan produktifitas organisasi.
Membangkitkan kinerja orang yang terlibat di dalam organisasi tersebut yang pada akhirnya dapat mempengaruhi efektifitas organisasi
Fungsi Komunikasi dalam Organisasi
Fungsi informatif
Organisasi dapat dipandang sebagai suatu sistem pemrosesan informasi. Maksudnya, seluruh anggota dalam suatu organisasi berharap dapat memperoleh informasi yang lebih banyak, lebih baik dan tepat waktu.
Fungsi regulatif
Fungsi ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi.
Fungsi persuasif
Dalam mengatur organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. Adanya kenyataan ini, maka banyak pimpinan yang lebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah
Fungsi integratif
Setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang memungkinkan anggota dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik.
HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI
Hambatan Teknis
Hambatan jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan
Hambatan Semantik
Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif
Hambatan Manusiawi
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan
Mengelola Hambatan Komunikasi
Hambatan – Hambatan Individual
Salah satunya adalah sinyal yang saling bertentangan atau tidak konsisten. Kendala lain adalah kurangnya kredibilitas muncul saat pengirim pesan tidak dipandang sebagai sumber informasi yang bisa dipercaya.
Hambatan –Hambatan Organisasional
Masalah sering muncul karena kata – kata memiliki makna berbeda. Faktor – faktor lingkungan bisa mengurang efektivitas. Seperti yangtelah disinggung sebelumnya, keributan bisa mempengaruhi dalam banyak cara. Begitu juga kelebihan beban bisa di tangani secara efektif.
Memperbaiki Efektivitas Komunikasi
Keahlian Individual
paling penting untuk memperbaiki efektivitas komunikasi adalah keahlian mendengar. Menjadi pendengar yang baik meminta seseorang utnuk mempersiapkan diri untuk mendengar, tidak menyela pembicara, sabar, dan bertanya sepantaasnya.
Keahlian Organisasional
Tindak lanjut adalah pengecekan untuk memastikan apakah pesan telah diterima dan dipahami, pengatur arus informasi adalah bahwa pengirim atau penerima pesan mengambil langkah – langkah yang di perlukan untuk memastikan tidak terjadinya kelebihan beban informasi, banyak manajer membatasi arus masuk informasi dengan membuat jurnal – jurnal dan laporan - laporan rutin yang mereka terima secara periodik, atau melatih seorang sekretaris untuk menyaring telepon masuk dan tamu. Baik pengirim maupun penerima pesan juga perlu memahami keunggulan dan keunikan dari tipe – tipe media.
Kesimpulan
Komunikasi merupakan bentuk interpersonal Skill sehingga peran komunikasi dalam suatu organisasi sangat penting. Tidak ada seorangpun dalam keseharian tugasnya tanpa berkomunikasi. Baik itu bertema masalah pekerjaan maupun masalah di luar pekerjaan, seperti masalah keluarga, politik, sosial dan ekonomi nasional. Semua ini pasti dilakukan lewat komunikasi. Juga baik itu dilakukan melalui jalur vertikal (atasan-bawahan) maupun jalur horisontal (kolega setingkat).
Organisasi merupakan suatu kerangka sosial, yaitu kerangka yang menunjukkan hubungan antara individu dalam organisasi
Dalam organisasi terdapat koordinasi yang dirancang untuk mengatur kegiatan kegiatan orang
Dalam organisasi terdapat pembagian kerja yang diatur dengan tingkatan otoritas
Seluruh kegiatan ditujukan untuk kegiatan pencapaian tujuan bersama
Interpersonal Skills
Pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005).
Komunikasi formal : komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi.
Komunikasi informal : komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.
Komunikasi Organisasi
Hakekat Organisasi
Dinamika Interpersonal
merupakan bagian vital dari kehidupan organisasi, anggota organisasi yang melibatkan interkasi dengan orang lain kadang – kadang dengan cara positif, kadang – kadang negative.
Dampak Dari Perilaku Interpersonal
interpersonal berkualitas tinggi bisa menjadi element positif yang penting dalam lingkungan kerja dan jika interpersonal berkualitas buruk bisa berdampak sebaliknya.
ESENSI INTERPERSONAL DARI ORGANISASI
Komunikasi (communication) adalah proses penyampaian informasi dari satu orang ke orang lain.
Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi.
Tujuan pengiriman informasi dan umpan balik atau feed back dapat seinbang sehingga tidak terjadi monoton. Selain itu komunikasi efektif dapat melatih penggunaan bahasa nonverbal secara baik.
Proses komunikasi dimulai saat seorang (pengirim) mengirimkan fakta, ide, pendapat, atau informasi lainya kepada orang lain(penerima). Fakta, idea tau pendapat ini memiliki makna bagi si pengirim, apakah itu sederhana atau konkret, atau kompleks dan abstrak.
Komunikasi
Bentuk – Bentuk Komunikasi Dalam Organisasi
Komunikasi Lisan (Oral Communication)
Terjadi dalam percakapan tatap muka, diskusi kelompok ketika ucapan di gunakan untuk mengekspresikan makna.
Komunikasi Tulisan (Written Communication)
Menulis dalam surat, laporan, memo, catatan, tulisan tangan, atau e-mail bisa memecahkan masalah yang melekata pada komunikasi lisan.
Komunikasi verbal (verbal communication).
merupakan salah satu bentuk komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui tulisan (written) dan lisan (oral).
Komunikasi nonverbal .
merupakan bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis.
Bentuk – Bentuk Komunikasi Dalam Organisasi
Komunikasi Vertical (Vertical Communication)
komunikasi yang mengalir ke atas dan ke bawah dalam heirarki organisasi, biasanya melalui saluranpelaporan formal yaitu, komunikasi yang terjadi antara manajer dengan atasan dan bawahan mereka.
Komunikasi Horizontal (Horizontal Communication)
Komunikasi horizontal melibatkan kolega dan rekan kerja dari level organisasi yang sama.
Pentingnya komunikasi dalam organisasi
Sebabnya komunikasi itu penting dalam suatu organisasi :
Menghasilkan pemahaman yang sama antara pengirim informasi dengan penerima informasi pada semua tingkatan dalam organisasi.
Membangun iklim organisasi yang pada akhirnya dapat mempengaruhi efisiensi dan produktifitas organisasi.
Membangkitkan kinerja orang yang terlibat di dalam organisasi tersebut yang pada akhirnya dapat mempengaruhi efektifitas organisasi
Fungsi Komunikasi dalam Organisasi
Fungsi informatif
Organisasi dapat dipandang sebagai suatu sistem pemrosesan informasi. Maksudnya, seluruh anggota dalam suatu organisasi berharap dapat memperoleh informasi yang lebih banyak, lebih baik dan tepat waktu.
Fungsi regulatif
Fungsi ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi.
Fungsi persuasif
Dalam mengatur organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. Adanya kenyataan ini, maka banyak pimpinan yang lebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah
Fungsi integratif
Setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang memungkinkan anggota dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik.
HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI
Hambatan Teknis
Hambatan jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan
Hambatan Semantik
Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif
Hambatan Manusiawi
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan
Mengelola Hambatan Komunikasi
Hambatan – Hambatan Individual
Salah satunya adalah sinyal yang saling bertentangan atau tidak konsisten. Kendala lain adalah kurangnya kredibilitas muncul saat pengirim pesan tidak dipandang sebagai sumber informasi yang bisa dipercaya.
Hambatan –Hambatan Organisasional
Masalah sering muncul karena kata – kata memiliki makna berbeda. Faktor – faktor lingkungan bisa mengurang efektivitas. Seperti yangtelah disinggung sebelumnya, keributan bisa mempengaruhi dalam banyak cara. Begitu juga kelebihan beban bisa di tangani secara efektif.
Memperbaiki Efektivitas Komunikasi
Keahlian Individual
paling penting untuk memperbaiki efektivitas komunikasi adalah keahlian mendengar. Menjadi pendengar yang baik meminta seseorang utnuk mempersiapkan diri untuk mendengar, tidak menyela pembicara, sabar, dan bertanya sepantaasnya.
Keahlian Organisasional
Tindak lanjut adalah pengecekan untuk memastikan apakah pesan telah diterima dan dipahami, pengatur arus informasi adalah bahwa pengirim atau penerima pesan mengambil langkah – langkah yang di perlukan untuk memastikan tidak terjadinya kelebihan beban informasi, banyak manajer membatasi arus masuk informasi dengan membuat jurnal – jurnal dan laporan - laporan rutin yang mereka terima secara periodik, atau melatih seorang sekretaris untuk menyaring telepon masuk dan tamu. Baik pengirim maupun penerima pesan juga perlu memahami keunggulan dan keunikan dari tipe – tipe media.
Kesimpulan
Komunikasi merupakan bentuk interpersonal Skill sehingga peran komunikasi dalam suatu organisasi sangat penting. Tidak ada seorangpun dalam keseharian tugasnya tanpa berkomunikasi. Baik itu bertema masalah pekerjaan maupun masalah di luar pekerjaan, seperti masalah keluarga, politik, sosial dan ekonomi nasional. Semua ini pasti dilakukan lewat komunikasi. Juga baik itu dilakukan melalui jalur vertikal (atasan-bawahan) maupun jalur horisontal (kolega setingkat).
Interpersonal
skill dalam computer
Kemampuan:
Keahlian dalam mengembangkan ilmu komputer yang menerapkan pengolahan basis data
Keahlian dalam menggunakan bahasa pemrograman computer
Keahlian dalam mengembangkan ilmu komputer yang menerapkan pengolahan basis data
Keahlian dalam menggunakan bahasa pemrograman computer
Keahlian dalam merancang dan
melaksanakan suatu percobaan serta kemudian menganalisis dan menafsirkan hasil
percobaan,Kemampuan mengimplementasikan ilmu pengetahuan dasar dalam teknologi
informasi,Kemampuam memahami dan mengimplementasikan perkembangan teknologi
informasi dalam suatu ilmu komputer,Kemampuan memahami dampak sosial dan
lingkungan yang disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi dan ilmu
komputer yang telah dikembangkan,
Work Experience PLATFORMS Social SOCIAL SEO CMS)
Work Experience PLATFORMS Social SOCIAL SEO CMS)
Interpersonal Skill dalam Ilmu
Komputer
1.
Keahlian
Keahlian dalam merencanakan, merancang dan mengembangkan ilmu komputer dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi terkini
Perilaku/Sikap
Memiliki rasa tanggung jawab profesional, bermoral dan beretika profesional,Kemampuan bekerja sama dalam kelompok,Kemampuan belajar mandiri.Peluang Kerja Lulusan Ilmu komputer adalah :
Sistem Analis pada proyek pengembangan Ilmu komputer,Manajer pada Departemen Teknologi Informasi suatu instansi,Manajer pada proyek Pengembangan Sistem,Administrator Database,Programer,Wirausahawan bidang Teknologi Informasi.
Pengertian Analis sistem
Hal-hal yang dilakukan Analis Sistem
Analis sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
Berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan sistem yang akan di gunakan
Berinteraksi dengan desainer untuk mengemukakan antarmuka yang diinginkan atas suatu perangkat lunak
Berinteraksi ataupun memandu programer dalam proses pengembangan sistem agar tetap berada pada jalurnya
Melakukan pengujian sistem baik dengan data sampel atau data sesungguhnya untuk membantu para penguji
Mengimplementasikan sistem baru/sistem usulan yang akan digunakan perusahaan
Menyiapkan dokumentasi berkualitas
Kemampuan berkomunikasi dalam bentuk diskusi dan presentasi secara efektif,Kemampuan mengembangkan dasar kewirausahaan.
Keahlian teknis akan membantu seorang analis sistem untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Seorang analis sistem harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang analis sistem mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan.
Hal - hal yang dilakuan analis sistem
Komunikasi interpersonal menyangkut bagaimana kita berpersepsi, mempunyai konsep diri, atraksi interpersonal, dan membentuk hubungan interpersonal. Tujuan komunikasi interpersonal adalah menemukan diri sendiri, menemukan dunia luar, membentuk dan menjaga hubungan yang penuh arti, berubah sikap dan tingkah laku, untuk bermain dan kesenangan, dan untuk membantu.
Keterampilan interpersonal adalah ketrampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain.
Kesimpulan
Keahlian dalam merancang dan mengembangkan ilmu komputer yang berbasiskan web,
Keahlian Teknis
Sebuah perusahaan yang ingin membuat web menarik untuk perusahaan barunya.
Solusi:
Membutuhkan seorang yang memiliki keahlian dalam bidang web design.
Hubungan dengan IS:
Dari kedua pihak nantinya akan terjadi sebuah interaksi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Analis sistem
Keahlian dalam merencanakan, merancang dan mengembangkan ilmu komputer dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi terkini
Perilaku/Sikap
Memiliki rasa tanggung jawab profesional, bermoral dan beretika profesional,Kemampuan bekerja sama dalam kelompok,Kemampuan belajar mandiri.Peluang Kerja Lulusan Ilmu komputer adalah :
Sistem Analis pada proyek pengembangan Ilmu komputer,Manajer pada Departemen Teknologi Informasi suatu instansi,Manajer pada proyek Pengembangan Sistem,Administrator Database,Programer,Wirausahawan bidang Teknologi Informasi.
Pengertian Analis sistem
Hal-hal yang dilakukan Analis Sistem
Analis sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
Berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan sistem yang akan di gunakan
Berinteraksi dengan desainer untuk mengemukakan antarmuka yang diinginkan atas suatu perangkat lunak
Berinteraksi ataupun memandu programer dalam proses pengembangan sistem agar tetap berada pada jalurnya
Melakukan pengujian sistem baik dengan data sampel atau data sesungguhnya untuk membantu para penguji
Mengimplementasikan sistem baru/sistem usulan yang akan digunakan perusahaan
Menyiapkan dokumentasi berkualitas
Kemampuan berkomunikasi dalam bentuk diskusi dan presentasi secara efektif,Kemampuan mengembangkan dasar kewirausahaan.
Keahlian teknis akan membantu seorang analis sistem untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Seorang analis sistem harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang analis sistem mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan.
Hal - hal yang dilakuan analis sistem
Komunikasi interpersonal menyangkut bagaimana kita berpersepsi, mempunyai konsep diri, atraksi interpersonal, dan membentuk hubungan interpersonal. Tujuan komunikasi interpersonal adalah menemukan diri sendiri, menemukan dunia luar, membentuk dan menjaga hubungan yang penuh arti, berubah sikap dan tingkah laku, untuk bermain dan kesenangan, dan untuk membantu.
Keterampilan interpersonal adalah ketrampilan untuk mengenali dan merespon secara layak perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain.
Kesimpulan
Keahlian dalam merancang dan mengembangkan ilmu komputer yang berbasiskan web,
Keahlian Teknis
Sebuah perusahaan yang ingin membuat web menarik untuk perusahaan barunya.
Solusi:
Membutuhkan seorang yang memiliki keahlian dalam bidang web design.
Hubungan dengan IS:
Dari kedua pihak nantinya akan terjadi sebuah interaksi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Analis sistem
Analis
sistem
adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan,
pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat
lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan
organisasi bisnis atau perusahaan. Analis sistem memegang peranan yang sangat
penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang analis sistem harus memiliki
setidaknya empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal
(berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang
analis sistem untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya,
pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik
serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu
seorang analis sistem untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi.
Seorang analis sistem harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman,
sistem operasi,
serta perangkat keras
yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang analis sistem
mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan.
Keahlian interpersonal akan membantu analis sistem dalam berinteraksi dengan
pengguna akhir sebagaimana halnya dengan analis, programer,
dan profesi sistem lainnya.
Analis sistem bisa pula menjadi
perantara atau penghubung antara perusahaan penjual perangkat lunak dengan
organisasi tempat ia bekerja, dan bertanggung jawab atas analisis biaya
pengembangan, usulan desain dan pengembangan, serta menentukan rentang waktu
yang diperlukan. Analis sistem bertanggung jawab pula atas studi kelayakan atas
sistem komputer
sebelum membuat satu usulan kepada pihak manajemen perusahaan.
Pada dasarnya seorang analis sistem melakukan hal-hal
berikut:
a. Berinteraksi
dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan sistem yang akan di gunakan
b. Berinteraksi
dengan desainer untuk mengemukakan antarmuka
yang diinginkan atas suatu perangkat lunak
c. Berinteraksi
ataupun memandu programer dalam proses pengembangan sistem agar tetap berada
pada jalurnya
d. Melakukan
pengujian sistem baik dengan data sampel atau data sesungguhnya untuk membantu
para penguji
e. Mengimplementasikan
sistem baru/sistem usulan yang akan digunakan perusahaan
f. Menyiapkan
dokumentasi berkualitas
2.
Tokoh-tokoh
a.
Bill Gates / William Henry Gates III
William Henry Gates III
atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di
Seattle, Washington. Bill Gates adalah adalah anak kedua dari tiga bersaudara.
Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya
banyak relasi di kota. Sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First
Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United
Way.
Bil
Gates adalah pendiri (bersama
Paul Allen) dan ketua umum perusahaan perangkat lunak AS, Microsoft. Bil Gates merupakan penemu sistem operasi windows walau pada
pertama kalinya beliau temukan dari garasi rumahnya dan kini menjadi perusahaan
raksaksa dan bisa menempatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia hingga
saat ini. Microsoft adalah perurahaan yang kini menekuni pengembangan sistem
operasi berbasis windows. Beliau sangat jeli sekali melihat peluang dari
kebutuhan akan teknologi di era informasi digital yang sangat di butuhkan untuk
keperluan berbagai macam kegiatan dari usaha hingga level rumahan kini pasti
membutuhkan akan sistem operasi ini untuk para pengguna komputer sejak awal
kemunculannya windows menjadi fenomena hingga saat ini dari jutaan komputer
yang ada di dunia ini hampir delapan puluh persennya menggunakan sistem operasi
windows luar biasa begitu fenomena. Walau saat ini sudah banyak sistem operasi
lain yang bermunculan windows masih menjadi favorit dari sekian banyak pengguna
komputer di dunia.dan seiring perkembangan jaman saat ini komputer di generasi
ke-5 (era mobile) windows pun tidak ketinggalan meluncurkan windows mobile wajar
kalau Bil Gates menjadi orang paling sukses di dunia pengembangan sistem
operasi.
Dia dengan cepat menguasai
BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang
belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu berjam-jam menulis program,
melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer.
“Dia adalah seorang eksentrik,” sebagaimana salah seorang guru memberikan Gates
julukan itu. Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambridge
mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan Paul Allen sewaktu sekolah
bersama-sama. Bersama Paul Allen, Bill Gates terus mengembangkan talentanya di
bidang pemograman komputer. Namun, Bill gates memutuskan keluar (drop out)
untuk menyumbangkan waktunya ke Microsoft.
Melalui usaha kerasnya,
perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation menjadi sukses
dan Bill Gates melambung menjadi seorang jutawan. Di tahun 1990 Bill Gates
sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia.
Ia juga merupakan seorang
filantropis melalui kegiatannya di Yayasan Bill & Melinda Gates. Ia
menempati posisi pertama dalam orang terkaya di dunia versi majalah Forbes
selama 13 tahun (1995 hingga 2007), namun sejak 5 Maret 2008 berada di posisi
ketiga setelah pebisnis AS Warren Buffett dan pebisnis Meksiko Carlos Slim
Helú. Pada tahun 2000, Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya
sebagai CEO dan memandatkannya kepada kawan lamanya, Steve Ballmer. Kini Bill
Gates menjadi Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di
perusahaannya sendiri, Microsoft Corp.
b.
Steve Jobs
Steven Paul "Steve" Jobs lahir di San
Francisco, California, Amerika
Serikat, 24
Februari 1955
adalah seorang tokoh
bisnis dan
penemu Amerika Serikat. Ia adalah pendiri pendamping, ketua,
dan mantan CEO Apple
Inc serta termasuk salah satu orang yang sukses di bidang
pengembangan sistem operasi yang lebih kepada antar muka grafis yang akhirnya
berujung pada pengembangan macintosh yang saat ini menjadi salah satu favorit
sistem operasi yang di gunakan pada product apple khususnya. Jobs terdaftar
sebagai penemu utama atau penemu pendamping pada lebih dari 230 hadiah paten
atau permintaan paten terkait serangkaian teknologi mulai dari komputer dan
alat portabel hingga antarmuka pengguna (termasuk yang berbasis sentuh),
pengeras suara, papan ketik, adapter tenaga, tangga, gesper, lengan baju, tali
sandang dan paket.jobs wafat pada tanggal 5 0ktober 2011karena di vonis kangker
pankreas.. Jobs
juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios;
ia menjadi anggota dewan direkturThe Walt Disney Company pada
tahun 2006, setelah pengambilan alih Pixar oleh Disney. Namanya dicantumkan
sebagai produser eksekutif dalam film Toy
Story tahun
1995. Pada tahun 1984, Jobs mengundurkan diri dari Apple dan
mendirikanNeXT,
Pembelian NeXT oleh Apple pada tahun 1996 membawa kembali Jobs ke perusahaan
yang ia dirikan bersama, dan ia menjabat sebagai CEO-nya sejak 1997 hingga
2011.
CEO Apple ini telah
berhasil mendirikan Mac App Store. Dalam dunia bisnis, Jobs menemukan kembali
paradigma lain cara mengonsumsi teknologi perangkat lunak yang bergengsi
dan paling laku. Walaupun saat peluncuran iPad dan blog teknologi Gizmodo tidak
mengesankan masyarakat.
Pada akhir 1970-an, Jobs, bersama pendiri pendamping Apple Steve
Wozniak, Mike Markkula, dan lainnya, merancang, mengembangkan dan memasarkan
salah satu jajaran komputer pribadi pertama yang sukses secara komersial, yaitu
seri Apple II. Pada awal 1980-an, Jobs termasuk orang-orang yang pertama kali
melihat potensi komersial dari antarmuka pengguna grafis yang digerakkan
tetikus PARC Xerox yang kemudian mendorong pembuatan Macintosh. Setelah kalah
melawan keputusan dewan direktur tahun 1984, Jobs mengundurkan diri dari Apple
dan mendirikan NeXT, sebuah perusahaan pengembangan platform komputer yang
berkecimpung dalam pasar pendidikan tinggi dan bisnis. Pembelian NeXT oleh
Apple pada tahun 1996 membawa kembali Jobs ke perusahaan yang ia dirikan
bersama rekannya. Ia menjabat sebagai CEO-nya sejak 1997 hingga akhirnya
meninggal pada tahun 2011 tepatnya 5 Oktober 2011 di
California pada usia 56 tahun, tujuh tahun setelah didiagnosis menderita kanker
pankreas.
c. Linus Torvalds
Linus Torvalds dilahirkan
di Helsinki, Finlandia, pada tanggal 28 Desember 1969 ini merupakan perintis
dari pengembangan kernel linux dan dialah koordinator proyek tersebut. Ketika
Linus Torvalds, seorang mahasiswa Finlandia pendiam membagi-bagikan kode sumber
(source code) kernel Linux seukuran disket via internet pada tahun 1991, ia
sama sekali tidak menduga bahwa apa yang dimulainya melahirkan sebuah bisnis
bernilai milyaran dolar di kemudian hari. Karena itu belaiu didaulat sebagai
Pencipta dan Penemu Sistem Operasi Linux. Dalam usianya yang ke 10, Linus mulai
berkecimpung di dalam pemograman komputer, Pada tahun 1990, Linus memulai kelas
pemograman C pertamanya. Pada tahun 1991, Linus membeli PC pertamanya,dan dia
tidak puas dengan sistem operasi pada komputernya. Saat itu, komputernya
menggunakan MS-DOS (Disk Operation System, sistem operasi buatan Microsoft),
tapi Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIX, Akhirnya, dia
memutuskan untuk menciptakan versi yang bisa digunakan untuk PC dari UNIX.
Begitu Linus berhasil menciptakan versi kasar dari
Linux, dia memposting pesan dalam internet untuk mengenalkan sistem barunya
kepada pengguna PC yang lain. Linus membuat softwarenya dapat didownload secara
percuma/gratis , dan pada saat itu dia merilis source codenya, yang berarti
bahwa semua orang yang memiliki pengetahuan tentang pemograman komputer dapat
memodifikasi Linux untuk disesuaikan dengan tujuan mereka masing-masing.
Ia bahkan tidak menduga Linux kemudian menjadi sistem
operasi paling menjanjikan, yang bisa dibenamkan ke dalam server, komputer
desktop, tablet PC, PDA, handphone, GPS, robot, mobil hingga pesawat ulang alik
buatan NASA.hal lain menarik dari pengembangan sistem operasi ini adalah basis
open source ini sangat memudahkan para pengguna komputer yang dapat menjalankan
komputer dengan mudah tanpa harus membayar licency seperti sistem operasi
kebanyakan.Saat ini Linus meninggalkan posisi menjanjikan di perusahaan semi
konduktor Transmeta dan tinggal bersama istri dan 3 anaknya di sebuah bukit di
desa di Portland, Oregon, USA, berdekatan dengan markas Open Source Development
Labs. Organisasi nirlaba ini diawaki oleh 20-an programmer yang punya gairah
hampir sama dengan Linus.
d.
Lawrence Larry Ellison
Lawrence Joseph “Larry” Ellison lahir pada 17 Agustus 1944. Adalah
seorang tokoh bisnis Amerika, pendiri dan CEO Oracle Corporation yang merupakan
salah satu perusahaan perangkat lunak database terbesar di dunia. Bisa dibilang
Larry Ellison-lah yang membuat Oracle menjadi sebuah konsep Relational Database
System yang dibutuhkan oleh berbagai industri di dunia seperti saat ini. Mulai
menciptakan konsep database pada 1970, 40 tahun kemudian konsep yang ia
kemukakan telah menjadi sebuah sendi penting dari industri-industri dunia serta
berbagai macam bisnis yang ada pada saat ini. Pada 2011 ia adalah orang kelima
terkaya di dunia versi Forbes, dengan kekayaan pribadi mencapai $
39.500.000.000,-.
Ellison lulus dari Eugene Field Elementary School, Sekolah Dasar
di sisi utara Chicago pada bulan Januari 1958 dan melanjutkan ke Sullivan High
School setidaknya sampai musim gugur tahun 1959 sebelum pindah ke South Shore.
Ellison dibesarkan di sebuah apartemen dengan dua kamar tidur di Chicago
Selatan di lingkungan Yahudi kelas menengah. Ellison mengingat ibu angkatnya
sebagai pribadi yang hangat dan penuh kasih, berbeda dengan sifat keras yang
dia warisi dari ayah angkatnya, seorang Yahudi Rusia dari Krimea yang
mengadopsi nama Ellison untuk menghormati pulau dimana ia masuk ke Amerika
Serikat, Ellis Island. Louis, ayah angkatnya, adalah seorang pegawai pemerintah
sederhana yang mencari sebuah keberuntungan kecil di Chicago real estat, hanya
untuk menghilangkan selama depresi yang dialaminya.
Ellison adalah seorang mahasiswa cerdas namun lalai. Dia
meninggalkan University of Illinois di Urbana-Champaign pada akhir tahun kedua,
setelah tidak mengambil ujian akhir angkatnya karena ibu angkatnya baru saja
meninggal. Setelah menghabiskan musim panas di California Utara, di mana ia
tinggal dengan temannya Chuck Weiss, ia masuk University of Chicago selama satu
periode, di mana ia pertama kali bertemu dan merancang komputer. Pada tahun
1964, pada usia 20 tahun, ia pindah ke California utara secara permanen. Selama
tahun 1970, setelah bertugas sebentar di Amdahl Corporation, Ellison bekerja
untuk Ampex Corporation. Salah satu proyeknya adalah database untuk CIA, yang
ia beri nama “Oracle”.
e. Onno W. Purbo.
Onno Widodo Purbo
salah seorang tokoh dari indonesia yang pakar di bidang sistem informasi pria
asal bandung kelahiran 17 agustus 1962 ini adalah pengembang sistem operasi
berbasis linux dari sekian banyak yang pernah ia kembangkan di antaranya Distro
schoolloffline, distro smeonffline, distro orarinux, distro sekolahnux, distro
ipteknux selain itu juga Onno W Purbo banyak mengeluarkan buku
Beliau memulai pendidikan akademisnya di ITB (Institut
Teknologi Bandung) pada jurusan Teknik Elektro tahun 1981. Enam tahun kemudian,
beliau lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian beliau melanjutkan
studi ke Kanada dengan beasiswa PAUME.
RT/RW-Net adalah salah satu dari sekian banyak gagasan yang telah dilontarkannya. Beliau juga aktif menulis dalam bidang teknologi informasi media, seminar, konferensi nasional maupun internasional. IT beliau telah menerima beberapa penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional seperti:
RT/RW-Net adalah salah satu dari sekian banyak gagasan yang telah dilontarkannya. Beliau juga aktif menulis dalam bidang teknologi informasi media, seminar, konferensi nasional maupun internasional. IT beliau telah menerima beberapa penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional seperti:
·
1992,
masuk dalam buku ‘American Men and Women of Science’ R.R.Bowker, NewYork, Amerika
Serikat.
·
1996,
menerima ‘Adhicipta Rekayasa’ dari Persatuan Insinyur Indonesia.
f. Andrew Darwis
Andrew
Darwis Lahir 20
Juli 1979 merupakan
pendiri (founder) komunitas online terbesar di Indonesia.
Kaskus lewat situs Kaskus.us yang
sekarang ini mempunyai lebih dari 3 juta member.
Andrew sekarang menjabat sebagai Chief
Technology Officer (CTO) PT
Darta Media Indonesia (Kaskus) sekaligus pemilik (owner) Kaskus Network
lewat PT Darta Media Indonesia.
Andrew mendirikan Kaskus pada
6 November 1999. Bermula dari pengalamannya saat menimba ilmu di salah satu universitasterkemuka
di Negeri Paman Sam, Seattle University,
Program StudiMultimedia & Web Design,
Art Institute of Seattle Computer
Science di tahun 1999,
pria yang disapa Andrew ini terinspirasi membuat website forum komunitas
yang bisa di bilang menjadi yang terbesar di Indonesia.
Kaskus berasal
dari kata Kasak-Kusuk atau bermakna bergosip. Dengan modal awal sebesar US$ 3
(Rp 30.000,-) untuk membeli server,
Andrew dan dua rekannya, Ronald dan Budi, memilih untuk membuat portal yang
berisi mengenai berita maupun informasi tentang Indonesia. Portal tersebut
sengaja di buat menjadi suatu media untuk memuaskan kerinduan bagi masyarakat
Indonesia yang berada di Luar negeri.
g.
William Nelson Joy
Bill menerima gelar B.S.E.E (Bachelor
of Science Electrical Engineering) dari University of Michigan di tahun 1975.
Kemudian ia melanjutkan pendidikan ke University of California Barkeley, dimana
ia mendapat gelar Master of Science di bidang Electrical Engineering and
Computer Science. Disana pula, selama beberapa tahun ia menjadi ketua desainer
Unix versi Barkley (BSD). Kemudian pria yang akrab disapa Bill ini beserta
grupnya mendapat dukungan dari DARPA (Defense Advanced Research Projects
Agency) untuk melanjutkan proyek tersebut. Proyek ini kemudian menjadi tulang
punggung dari konsep “open source”.
KESIMPULAN
Kesuksesan yang mereka
dapatkan itu tidak semata-mata dengan semudah membalikkan telapak
tangan dan tidak semudah yang kita kira, banyak
cobaan danrintangan-rintangan yang harus mereka hadapi untuk mencapai kesuksesan
itu, dimulaidari hinaan, kesalah dalam mengerjakan sebuah
program dll.
Meskipun banyaknya cobaan dan
rintangan yang harus mereka lewati tapi mereka masih saja selalu
bersemangat agar dapat meraih impian dan cita-cita mereka. ini sangat patut kita acungkan jempol, karena dengan
kita ketahui perjuangan, usaha dan kerja keras
mereka yang akhirnya dapat membuat mereka sampai menuju puncak
kesuksesan.
jadi janganlah kita putus asa terhadap sebuah kegagalan, selalulah kita berusaha, berdo'a dan berikhtiar, dengan kita memegang 3 prinsip tersebut tentu kita akan menjadi orang yang sukses dimasa mendatang.
jadi janganlah kita putus asa terhadap sebuah kegagalan, selalulah kita berusaha, berdo'a dan berikhtiar, dengan kita memegang 3 prinsip tersebut tentu kita akan menjadi orang yang sukses dimasa mendatang.
"Setiap Palawan ada
Zamannya dan Setiap Zaman ada Pahlawannya"
jadi kita janganberfikir kalau kita tidak bisa menjadi pahlawan,
karena ada masa-masa pahlawan bagi kita masing-masing.
selalu bersemangat "kita boleh saja memaksa tapi jangan sampai
tersiksa"
DAFTAR
PUSTAKA
Suzane C. De Janasz, Karen O Dowd, Beth Z. Scheider, Interpersonal Skills
in Organizations. Second Edition, McGraw-Hill International, 2006
Halo semua, Perlu peretasan layanan? hubungi noblehacker284@gmail.com
BalasHapusBerhati-hatilah, sebagian besar disebut hacker di sini adalah penipu, saya tahu bagaimana hacker nyata bekerja, mereka tidak pernah mengiklankan diri di sebuah sopan santun mudah percaya dan mereka selalu diskrit. Saya telah scammed berkali-kali putus asa berusaha mencari bantuan mendesak untuk mengubah nilai sekolah saya, akhirnya teman saya memperkenalkan saya kepada sekelompok hacker handal yang bekerja dengan kebijaksanaan dan memberikan segera, mereka melakukan segala macam hackings mulai dari;
- Penjualan kartu ATM kosong.
- Universitas atau sekolah nilai berubah
- Rekening Bank hack dan transfer dana
- Menghapus catatan kriminal hack
- Facebook hack, Twitters hack
- Account email hack, gmail, yahoomail, hotmail dll
- Hack Skype
- Database hack
- Word Press Blog hack
- Komputer Individu hack
- Kontrol perangkat dari jarak jauh hack
- Verified Paypal Account hack
- Android & iPhone Hack dll
- Penjualan dan pasokan software Hacking.
Tapi mereka membantu saya;
- Berubah nilai sekolah saya
- Hacked saya kecurangan ass email pacar facebook
- Yang paling dari semua itu, mereka membantu saya dengan pengiriman uang Western Union dan saya dilacak dan mengkonfirmasi uang sebelum saya membayarnya biaya mereka. Saya telah membuat mereka hacker permanen dan Anda dapat juga menikmati layanan mereka.
Anda dapat menghubungi mereka di noblehacker284@gmail.com untuk setiap layanan hacking dan juga berusaha untuk menyebarkan kabar baik tentang bagaimana mereka membantu you.They LAYAK MY PUBLISITAS ..
Halo semua, Perlu peretasan layanan? hubungi noblehacker284@gmail.com
BalasHapusBerhati-hatilah, sebagian besar disebut hacker di sini adalah penipu, saya tahu bagaimana hacker nyata bekerja, mereka tidak pernah mengiklankan diri di sebuah sopan santun mudah percaya dan mereka selalu diskrit. Saya telah scammed berkali-kali putus asa berusaha mencari bantuan mendesak untuk mengubah nilai sekolah saya, akhirnya teman saya memperkenalkan saya kepada sekelompok hacker handal yang bekerja dengan kebijaksanaan dan memberikan segera, mereka melakukan segala macam hackings mulai dari;
- Penjualan kartu ATM kosong.
- Universitas atau sekolah nilai berubah
- Rekening Bank hack dan transfer dana
- Menghapus catatan kriminal hack
- Facebook hack, Twitters hack
- Account email hack, gmail, yahoomail, hotmail dll
- Hack Skype
- Database hack
- Word Press Blog hack
- Komputer Individu hack
- Kontrol perangkat dari jarak jauh hack
- Verified Paypal Account hack
- Android & iPhone Hack dll
- Penjualan dan pasokan software Hacking.
Tapi mereka membantu saya;
- Berubah nilai sekolah saya
- Hacked saya kecurangan ass email pacar facebook
- Yang paling dari semua itu, mereka membantu saya dengan pengiriman uang Western Union dan saya dilacak dan mengkonfirmasi uang sebelum saya membayarnya biaya mereka. Saya telah membuat mereka hacker permanen dan Anda dapat juga menikmati layanan mereka.
Anda dapat menghubungi mereka di noblehacker284@gmail.com untuk setiap layanan hacking dan juga berusaha untuk menyebarkan kabar baik tentang bagaimana mereka membantu you.They LAYAK MY PUBLISITAS ..
Halo semua, Perlu peretasan layanan? hubungi noblehacker284@gmail.com
BalasHapusBerhati-hatilah, sebagian besar ini disebut hacker di sini adalah penipu, saya tahu bagaimana hacker nyata bekerja, mereka tidak pernah mengiklankan diri dalam sopan santun kering dan mudah percaya dan mereka selalu diskrit. Saya telah scammed berkali-kali putus asa berusaha mencari bantuan mendesak untuk mengubah nilai sekolah saya, akhirnya teman saya Diperkenalkan saya untuk kelompok diandalkan hacker yang bekerja dengan kebijaksanaan dan memberikan segera, mereka melakukan segala macam hackings mulai dari;
- Penjualan kartu ATM kosong.
- Nilai sekolah Universitas atau mengubah
- Rekening Bank hack dan transfer dana
- Menghapus catatan kriminal hack
- Facebook hack, hack Twitters
- Account Hack email, gmail, yahoomail, hotmail dll
- Hack Skype
- Database hack
- Word Press Blog hack
- Komputer Individu hack
- Kontrol perangkat dari jarak jauh hack
- Paypal Verified Account hack
- Android & iPhone Hack dll
- Penjualan dan pasokan software Hacking.
Tapi mereka membantu saya;
- Berubah nilai sekolah saya
- Hacked pacar saya kecurangan ass email facebook
- Yang paling dari semua itu, mereka membantu saya dengan pengiriman uang Western Union dan dan dilacak dan mengkonfirmasi uang sebelum dan membayarnya biaya mereka. Saya telah membuat mereka hacker permanen dan Anda dapat juga menikmati layanan mereka.
Anda dapat menghubungi mereka di noblehacker284@gmail.com untuk setiap layanan hacking dan juga berusaha untuk menyebarkan kabar baik tentang bagaimana mereka membantu you.They LAYAK MY PUBLISITAS ..